Cerita Orang Sukses: Yang Huiyan, Perempuan Terkaya di Cina

by akbar 756 views0

Cerita Orang Sukses

Cerita orang sukses kali ini adalah tentang Yang Huiyan. Pada 14 Januari 2018, dia dinobatkan sebagai perempuan terkaya di Cina. Dan ternyata, di tahun 2007 pun dia sudah menyandang gelar tersebut. Hanya saja usianya saat itu masih 25 tahun.

Yang Huiyan adalah wakil pimpinan dari perusahaan raksasa pengembang properti di Negeri Tirai Bambu, Country Garden Holdings. Terhitung pada 8 Januari 2018, saham dari Country Garden naik 7,4 persen di Indeks Hang Seng. Perusahaan itu sebenarnya adalah perusahaan yang didirikan ayahnya sendiri, Yang Guoqiang (Yeung Kwong Keung).

Yang Huiyan dinobatkan sebagai perempuan terkaya di Cina oleh Huyun Report. Dia menempati urutan orang terkaya ke-4 di Cina, sementara di atasnya gak ada lagi perempuan yang lebih kaya darinya.

Dalam cerita orang sukses kali ini, yuk kita kenalan lebih jauh dengan miliarder kelahiran 20 Juli 1981 ini!

1. Dalam empat hari dia berhasil meraup US$ 2 miliar!

cerita orang sukses
Yang Huiyan (Forever Mogul)

Pantas kalau sepak terjang Yang dijadikan cerita orang sukses yang menginspirasi, wong hanya dalam waktu empat hari saja dia berhasil menghasilkan keuntungan US$ 2 miliar. Keberhasilan itu gak lain disebabkan karena meningkatnya harga saham dari Country Garden.

Dikabarkan pula, Yang saat ini memiliki 57 persen dari total saham Country Garden. Namun pada 2007, ayahnya memberikan 70 persen total saham Country Garden kepadanya. Alasan sang ayah melakukan hal itu adalah agar putrinya bisa belajar dan meneruskan bisnis keluarga.

2. Total kekayaannya US$ 29,4 miliar

Menurut laporan dari Forbes pada 16 Januari 2018, total kekayaan Yang mencapai US$ 29,4 miliar. Jumlah itu memang masih jauh di bawah kekayaan orang terkaya di China Hui Ka Yan yang berjumlah US$ 39,1 miliar.

Tapi jangan salah, ada besar kemungkinan Yang menyalip kekayaan Hui dalam waktu dekat. Melonjaknya harga saham Country Garden juga benar-benar di luar dugaan, kalau tiba-tiba harganya makin tinggi tentu Yang gak cuma jadi perempuan terkaya, melainkan juga orang terkaya di negaranya.

3. Kekayaannya sempat merosot tapi tetap jadi orang terkaya ketiga di Cina

cerita orang sukses
Inilah sumber kekayaan dari Yang (house property malaysia)

Pada 2008, Yang harus mengalami kejadian pahit akibat krisis ekonomi global. Kekayaan Yang pun merosot dalam jumlah yang cukup serius.

Seperti yang dijelaskan di atas, pada 2007 ayah Yang memberikan 70 persen saham Country Garden yang saat itu nilainya mencapai US$ 8 miliar. Tapi pada 2008, nilainya merosot menjadi US$ 3 miliar.

Meski Yang mengalami peristiwa pahit itu, dia masih menjadi orang terkaya ketiga di Cina sekaligus perempuan terkaya di Asia. Dan yang paling fenomenal adalah, usianya saat itu masih 26 tahun.

4. Yang adalah orang pemalu dan gak suka tampil di media

Kepribadian Yang mungkin gak jauh beda dengan Ma Huateng alias Pony Ma, yaitu cenderung tertutup dan menghindari media. Wajar saja, sebab konon kabarnya Yang adalah seorang yang pemalu.

[Baca: Salip Jack Ma Jadi Orang Terkaya No. 2 di Cina, Siapa Ma Huateng?]

Jadi, kamu bakal susah deh menemukan foto-fotonya di medsos. Sampai saat ini, belum ditemukan pula artikel wawancara perempuan lulusan Ohio ini dengan media asing (non-Cina) yang beredar di internet.

5. Menikah lewat kencan buta

Menurut laporan dari Telegraph, Yang menikah pada 2006 silam oleh anak pejabat tinggi daerah di Negeri Panda. Pria itu bernama Cheng Hong, alumni dari Universitas Tsinghua.

Dan lucunya adalah mereka dikabarkan bertemu lewat sebuah kencan buta. Gak disebutkan sih apakah itu lewat Internet atau media lain, tapi intinya pernikahan dia gak dijodohkan oleh orangtuanya meski orangtua Yang dan Cheng adalah publik figur di negaranya.

6. Ayahnya dulu hidup miskin

cerita orang sukses
Yang Guoqiang (Business Insider)

Yang Guoqiang, ayah dari Yang Huiyan ternyata bukanlah seseorang yang lahir dalam status ekonomi yang baik. Saat masih remaja Yang Guoqiang mengalami kesulitan ekonomi, di mana dia gak lagi mampu membayar uang sekolah.

Yang Guoqiang pun kembali ke kampung untuk bercocok tanam dan bekerja sebagai kuli bangunan. Setelah bekerja dalam waktu lama, Yang Guoqiang mendapat kesempatan emas untuk melanjutkan studi dengan bantuan beasiswa. Dia pun gak mau kehilangan kesempatan itu.

Setelah menyelesaikan studinya, Yang Guoqiang memulai usaha jual beli dan pengembangan lahan kosong. Pada 1992 dia pun mendirikan Country Garden. Wah, sepertinya kisah ayah Yang juga patut dimasukkan ke dalam kumpulan cerita orang sukses nih.

7. Seorang dermawan

Gak jauh beda dengan orang kaya lainnya, Yang dan keluarganya adalah seorang dermawan. Mereka sudah mendonasikan kurang lebih US$ 100 juta untuk penanggulangan bencana, pengentasan kemiskinan, dan pendidikan anak kurang mampu.

Karena sifatnya yang dermawan, Yang pun dianugerahkan penghargaan China Charity Award pada 2008. Sudah kaya, dermawan pula. Hebat ya.

Itulah tadi cerita orang sukses Yang Huiyan. Sejatinya, cara Yang mendapatkan kekayaan dan gelar sebagai perempuan terkaya di Cina gak jauh beda dengan Arini Subianto yang merupakan perempuan terkaya di Indonesia ya.

[Baca: Wanita Indonesia Terkaya, Hartanya 11 Triliun. Siapa Arini Subianto?]

Keduanya adalah putri dari konglomerat yang diwarisi harta. Tapi, Yang maupun Arini telah membuktikan ke publik bahwa mereka juga mewarisi kepiawaian sang ayah dalam mengelola bisnis. Mereka juga gak terlena dengan hartanya, melainkan tetap bekerja keras untuk kesuksesan di masa depan.

Kamu pun bisa kok jadi seperti Yang Huiyan di masa depan dan menginspirasi banyak orang. Tapi tentu saja, itu semua bisa didapat lewat kerja keras.

[Baca: Ternyata Ini Lho Resep Orang Kaya Buat Mengelola Keuangan]

 

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com