Mau Dapet Duit di Hari Raya Imlek 2018? Cobain 5 Cara Ini

by akbar 315 views0

hari raya imlek 2018

Momentum Hari Raya Imlek 2018 tentu sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa sebuah upaya untuk menebalkan isi dompet. Padahal, bakalan ada banyak peluang usaha lho yang bisa kamu lakukan menjelang hari raya ini.

Dengan memanfaatkan peluang usaha tersebut, niscaya di perayaan Tahun Anjing Tanah ini kamu bakal hoki! Setelah perayaan tahun baru ini selesai, gak usah khawatir. Masih ada hari raya lain yang bisa kamu manfaatkan buat menambah penghasilan.

[Baca: Besok Imlek Nih. Yuk Belajar Mengatur Keuangan dari Orang Tionghoa]

So, penasaran dengan peluang usaha apa saja yang bisa dilakukan menjelang Hari Raya Imlek 2018? Ini dia ulasannya.

1. Jualan baju Cheongsam

hari raya imlek 2018
Baju Cheongsam (Haikudeck)

Baju Cheongsam adalah baju adat perempuan Tionghoa, atau sering juga disebut gaun Mandarin. Versi prianya pun ada, tapi perempuan tampaknya lebih sering memakai baju ini saat perayaan Imlek.

Harganya pun beragam, mulai dari Rp 80 ribuan hingga jutaan rupiah lho. Maka ada baiknya untuk menjadi reseller atau dropshipper baju Cheongsam menjelang Hari Raya Imlek 2018 ini.

[Baca: Apa Itu Dropship? Belajar Cara Mendulang Uang dari Skema Bisnis Ini Yuk]

Terkadang sejumlah perusahaan juga sering menggelar acara gathering karyawan menjelang Imlek lho. Nah momentum itu bisa dimanfaatkan buat jualan baju Cheongsam bukan? So, mulai dari sekarang cari saja distributor baju Cheongsam yang murah.

2. Bisnis kuliner

hari raya imlek 2018
Jajanan khas Imlek (Kompasiana)

Gak cuma kue keranjang yang bisa kamu jual menjelang Hari Raya Imlek 2018. Bakalan ada jajanan atau kuliner khas Negeri Tirai Bambu lain yang bisa kamu jual. Modal bikinnya juga gak mahal kok, gak sampai Rp 30 ribuan.

Apa saja kulinernya? Ada lumpia, pangsit goreng atau rebus, Jiaozi, dan telur teh. Itu hanya makanan kudapan lho. Kalau makanan beratnya ada hidangan ikan, ayam, bebek, dan babi.

Ikan melambangkan kelicinan dalam berbisnis, ayam dan bebek merupakan simbol kesetiaan, sementara mereka yang makan babi diharapkan gak jadi orang malas di masa depan.

Sistem jualannya pun praktis, kamu bisa jualan di komplek rumahmu dan menawarkan ke tetangga. Atau bisa juga dijual secara online dengan sistem pre-order.

3. Jualan lampion

hari raya imlek 2018
Lampion (shugojin)

Lampion gantung kerap kali dicari oleh mereka yang merayakan Imlek untuk hiasan rumah. Kadang, perusahaan-perusahaan atau mal-mal di Ibu kota memasang lampion untuk hiasan interior.

Gak nutup kemungkinan juga di tengah kota seperti layaknya di Solo, sekarang sudah dihiasi oleh lampion. Jadi, gak ada salahnya kan untuk mencoba jualan lampion menjelang Imlek.

4. Jualan lilin Imlek

hari raya imlek 2018
Lilin Imlek (malang voice)

Klenteng-klenteng biasanya membutuhkan benda ini. Dan menjelang Tahun Baru Imlek 2018, kamu bisa mendesain lilinnya sesuai dengan tema Imleknya, misalkan hari tahun ini adalah Tahun Anjing Tanah, so silahkan didesain sendiri gambar lilinnya.

Untuk berjualan lilin, alangkah lebih baik untuk jadi reseller saja. Jadi, PR kamu sebelum jualan adalah mencari pabrik produsennya terlebih dulu. Jual secara online juga bisa kok.

5. Jualan buah segar

hari raya imlek 2018
Buah buahan (bertuah)

Selain makanan khas, buah-buahan juga dipandang sebagai makanan yang harus ada di perayaan Imlek. Namun buah-buahan tersebut bukanlah buah berduri (Ngo Koo).

Pastinya yang pertama adalah jeruk mandarin (Kiet), yang warnanya kerap disamakan dengan sinar matahari. Jeruk mandarin dianggap sebagai simbol kebahagiaan, oleh karena itu seringkali diberikan berbarengan dengan angpao.

Setelah itu pisang (Xiangjiao). Menurut Bahasa Cina, Xiang berarti disukai. Dan karena pisang hanya berbuah sekali dalam hidupnya, maka menurut kepercayaan Kong Hu Chu hal itu melambangkan keharusan bagi manusia untuk berbuat baik sebelum wafat.

Selain pisang dan jeruk, ada pula delima (Shiliu) yang menjadi simbol kewajiban manusia menjadi teladan. Dan semangka (Xigua) yang artinya manusia harus tetap belajar demi masa depan yang baik.

Jadi, itulah lima bisnis yang bisa bisa kamu lakoni agar makin hoki di Hari Raya Imlek 2018. Mumpung perayaan itu masih beberapa minggu lagi, gak ada salahnya untuk berburu vendor baju, lilin, lampion, atau buah segar dari sekarang. Selamat mencoba!

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com