Mbak Jennifer Dunn, Duit Narkoba Mending Dipakai Buat Beli Ini Nih

by Hardian 316 views0

jennifer dunn
Image: Viva

Artis Jennifer Dunn lagi-lagi bikin headline di media massa. Tapi kali ini bukan soal pertengkarannya dengan anak seorang pria yang dikatakan ia kencani.

Jennifer dikabarkan ditangkap karena kasus narkoba! Hmmmm… Ternyata bukan kabar yang baru-baru amat.

Sebelumnya Jennifer Dunn setidaknya sudah dua kali tertangkap. Yang terakhir bahkan ia dihukum dua tahun penjara.

Duh, Mbak Jennifer, kok ya tertangkap terus. Apa gak bosan kena kasus narkoba? Sebenarnya apa enaknya sih pakai narkoba?

Nah yang terbaru, Jennifer Dunn alias Jedun kena cokok setelah memesan sabu seharga Rp 850 ribu per gram. Itu kata pak polisi yang menangkapnya.

Sekarang mari kita telisik, duit Rp 850 ribu untuk beli sabu itu bisa buat makan sebulan seorang lajang lho. Bila sehari habis Rp 30 ribu buat makan, tinggal nambahin Rp 50 ribu untuk makan sebulan. Bisa kurang dari itu kalau sesekali minta dibayarin makan teman.

Tapi Mbak Jedun kayaknya menganggap duit Rp 850 ribu itu bukan jumlah yang besar. Mungkin bisa jadi begitu ya, mengingat profesinya yang berkecimpung di dunia hiburan.

Namun gak demikian dengan orang-orang lainnya, yang bahkan gak pernah kepikiran untuk beli narkoba. Sebab, duit narkoba sebesar Rp 850 ribu itu bisa lebih bermanfaat ketimbang cuma buat beli sabu.

Lagian apa sih enaknya jadi pemakai narkoba? Udah mahal, enaknya cuma sebentar, ada risiko kena hukuman mati lagi. Tahu sendiri dong, pemerintah sekarang lagi getol-getolnya memburu bandar narkoba.

Kira-kira duit narkoba itu bisa lebih bermanfaat kalau buat beli apa saja? Di bawah ini ada contohnya.

1. Emas

jennifer dunn
Belanja emas lebih berfaedah, Mbak. Selain tampil keren, bisa buat investasi (dpknewsindia.com)

Harga emas Antam pada Januari ini sekitar Rp 600 ribu per gram. Dengan Rp 850 ribu udah dapet 1 gram emas, masih sisa Rp 200 ribuan pula. Bisa ditabung buat modal nikah.

Bisa juga buat beli perhiasan dengan emas 1 gram. Kalau dibikin perhiasan, memang harga emas cenderung lebih mahal.

Emas bukan hanya bisa dijadikan perhiasan, tapi juga investasi. Kita beli emas Rp 600 ribu saat ini, bulan depan, minggu depan, atau bahkan besoknya, bisa saja harga emas melonjak lebih dari itu.

Yang pasti, harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun. Selain itu, beli emas gak berisiko ditangkap polisi.

[Baca: Udah Tahu Cara Investasi Emas yang Benar? Ikuti 6 Langkah Ini]

2. Reksadana

jennifer dunn
Reksa dana yang syariah juga ada kok kalau maunya itu biar berkah (akucintakeuangansyariah.com)

Apa pula itu reksadana? Buat Mbak Jennifer Dunn atau yang lain yang belum tahu, reksadana adalah instrumen investasi yang bisa digarap dengan bantuan perusaahaan manajer investasi.

Modal buat berinvestasi reksadana gak sampai Rp 1 juta. Bahkan dengan Rp 500 ribu pun bisa. Bahkan di Bukareksa cuma Rp 10 ribu modal minimumnya.

Adapun potensi return alias imbal hasilnya lebih tinggi ketimbang emas. Yakin duit Rp 850 ribumu mau dipakai buat beli sabu aja?

3. Deposito

jennifer dunn
Eh, ini mah buat clubbing, boros (tecnologia.umcomo.com.br)

Despacito, eh, deposito itu sejenis tabungan di bank. Tapi ada durasi kontrak di mana dana yang ditabung gak boleh ditarik kecuali mau kena penalti.

Yang menarik, bunga deposito lebih tinggi ketimbang tabungan biasa. Duit Rp 850 ribu memang belum bisa menjadi permulaan untuk buka deposito. Tapi duit itu bisa dikumpulkan dulu hingga tercapai jumlah minimum setoran deposito.

Biasanya Rp 5-10 juta diterima sebagai setoran pertama deposito. Tapi ingat, duit deposito gak bisa diutak-atik. Jangan diambil lagi duit itu buat beli narkoba.

[Baca: Biar Masa Depan Cemerlang, Kenali 5 Investasi yang Pas Buat Mahasiswa dan Pemula]

4. Properti

jennifer dunn
Beli properti bisa sekalian dapet suami tuh, belum punya suami kan? (gitugini.com)

Sama seperti deposito, butuh kesabaran untuk menahan diri membelanjakan duit Rp 850 ribu yang aslinya buat narkoba itu. Kumpulin deh sedikit demi sedikit, hingga mampu buat bayar uang muka rumah, apartemen, atau aset properti lainnya.

Sarana investasi yang satu ini gak bakal memberikan kerugian. Gak ada ceritanya harga rumah merosot, kecuali ada faktor tertentu seperti berada di wilayah rawan bencana.

Mbak Jennifer Dunn udah punya rumah sendiri atau belum ya? Kalau belum, mending duitnya ditabung buat beli sendiri. Eh, apa sudah ada yang beliin ya.

Buat kamu sekalian yang senasib sepenanggungan dengan Mbak Jennifer, coba direnungkan. Apa sepadan kenikmatan yang didapat dari narkoba dengan duit Rp 850 ribu yang dikeluarkan dari kantong pribadi?

Belum lagi ada ancaman senapan algojo, atau setidaknya hukuman penjara. Mending duitnya dipakai buat investasi, lebih berfaedah. Setuju?

[Baca: Mau Investasi Saham? Ini 3 Sektor yang Diprediksi Menjanjikan Tahun 2018]

Tags:

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com