Mengenal Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia yang Menggeser Bill Gates

by Miko 7.902 views0

Jeff Bezos
Image: fortune.com

Bloomberg Billionaires Index pada awal tahun ini menempatkan bos Amazon.com, Jeff Bezos sebagai orang terkaya urutan pertama di dunia. Artinya, Bezos berhasil menggeser posisi orang super tajir sebelumnya yang ditempati oleh pemilik Microsoft, Bill Gates.

Jumlah kekayaan Jeff Bezos saat ini mencapai sekitar Rp 1.360 triliun. Sementara harta kekayaan Bill Gates adalah sekitar Rp 1.238 triliun.

Ingin tahu lebih jauh sosok Jeff Bezos seperti apa? Yuk simak rangkuman DuitPintar mengenai orang super kaya dunia ini.

1. Sejak kecil sudah tertarik dunia teknologi

Jeff Bezos
Udah pinter ngoprek ni anak sejak kecil, eh besarnya jadi miliarder (hongkiat)

Jeff Bezos sudah tertarik dengan dunia teknologi sejak belia. Saat masih kecil, ia sering membongkar peralatan elektronik yang ada di rumahnya.

Pernah suatu hari Bezos membongkar sebuah alarm milik orangtuanya. Ia penasaran terhadap cara kerja alarm tersebut.

Alih-alih berhasil memeroleh jawaban, ia malah dimarahi orangtuanya. Alarm yang ia bongkar tidak dapat dipasang kembali seperti semula.

[Baca: Aduh, Ini 8 Jenis Pekerjaan yang Terancam Punah karena Teknologi]

Kecintaan Bezos terhadap teknologi terinspirasi dari kakeknya yang bekerja sebagai Direktur Regional Komisi Energi Atom Amerika Serikat. Kakeknya itu berperan besar mengajarkan hal-hal berbau teknologi kepada Bezos.

Saking cintanya terhadap teknologi, saat beranjak remaja Bezos pernah berhasil merakit robot dan alarm sebagai tanda keamanan untuk kamar kedua saudaranya.

2. Pindah-pindah jurusan saat kuliah

jeff bezos
Pindah jurusan kuliah boleh asal jangan sampe lama lulus kuliah (mashable)

Ketertarikan pria kelahiran New Mexico 53 tahun lalu ini terhadap teknologi berlanjut hingga ia masuk Palmetto Senior High School. Di sana dia bergabung dengan kelompok belajar Student Science Training Program yang digagas Universitas Florida.

Ia juga melanjutkan pendidikannya ke Universitas Princeton dengan mengambil jurusan Fisika. Namun, kemudian ia merasa jurusan yang dipilih gak cocok.

Bezos pun pindah jurusan dan mengambil konsentrasi ilmu komputer. Di sinilah bakatnya mulai terasah. Ia merasa ilmu komputer sangat cocok dengan ketertarikannya di dunia teknologi.

Ilmu yang ia gali di kampus ini menjadi cikal bakal Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia seperti sekarang ini.

[Baca: Sebagai Karyawan, Harus Mulai Waspada Kalau Ngerasain 6 Hal Ini di Perusahaan Kamu]

3. Jadi karyawan di beberapa perusahaan teknologi di usia 20-an

jeff bezos
Kalau mau jadi bos kaya emang harus ngerasain posisi karyawan dulu (politico)

Tak perlu waktu cukup lama untuk mendapat pekerjaan setelah Jeff Bezos lulus dengan predikat cum laude dari universitasnya. Ia lalu bekerja di Wall Street yang fokus menangani soal komputer.

Tak lama kemudian, ia bekerja di Fitel, sebuah perusahaan yang khusus membangun jaringan perdagangan internasional. Setelah itu ia bekerja untuk perusahaan Bankers Trust dan dipercaya mengembangkan aplikasi khusus nasabah dana pensiun.

4. Menanggalkan jabatan prestisius demi membangun Amazon

jeff bezos
Pilihan cabut sebagai wakil direktur di sebuah perusahaan malah jadi bos kaya (nytimes)

Jeff Bezos sempat menjadi wakil direktur termuda saat berusia 26 tahun. Saat itu ia dipercaya memegang kendali perusahaan investasi dan teknologi DE Shaw & Co.

Namun, jabatan prestisius itu bukan menjadi sebuah kebanggaan buat Bezos. Ia malah mengundurkan diri dan memilih untuk menjadi seorang entrepreneur.

Keputusan cabut sebagai wakil direktur dari perusahaan tersebut bukan tanpa sebab. Ternyata Bezos punya rencana tersendiri. Ia melihat peluang emas terhadap perkembangan teknologi Internet.

Saat itulah, tepatnya pada 1994, dia mendirikan salah satu e-commerce pertama yang bernama Amazon.com.

Mulanya situs tersebut hanya menjual buku-buku secara online. Namun, karena peluang e-commerce dinilai akan terus berkembang, saat ini Amazon.com menjadi situs yang menjual berbagai macam barang.

5. Saling susul menjadi orang terkaya dunia dengan miliarder lain

jeff bezos
Jeff Bezos dan Bill Gates, dua orang terkaya dunia (money.cnn)

Pada 2016, kekayaan Jeff Bezos mencapai US$ 66,5 miliar menurut Forbes atau berada di posisi ketiga orang terkaya dunia setelah Bill Gates dan Amancio Ortega.

Pada 2017, Bezos pernah menyalip keduanya menjadi posisi pertama orang terkaya dunia. Namun posisi puncak terkaya tersebut tak berlangsung lama. Bill Gates kembali menjadi orang terkaya urutan pertama.

Nah, pada awal tahun ini, berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, Bezos kembali menjadi orang paling tajir seantero jagat dengan total kekayaan mencapai US$ 101 miliar atau sekitar Rp 1.360 triliun.

Di urutan kedua, ada Bill Gates yang memiliki kekayaan US$ 92 miliar atau sekitar Rp 1.238 triliun. Dan posisi ketiga ditempati oleh investor Warren Buffet dengan kekayaan Rp US$ 84,4 miliar atau sekitar Rp 1.131 triliun.

6. Tak berhenti bereksperimen

jeff bezos
Jadi gak sabar pengen nyobain wisata luar angkasa (geekwire)

Bezos adalah pengusaha berwatak lapar. Ia terus berinovasi untuk menciptakan produk anyar. Terbaru, ia berambisi untuk menciptakan wisata luar angkasa.

Rencana menerbangkan roket berisi manusia tersebut bukan isapan jempol belaka. Bezos serius menggarapnya dengan membentuk perusahaan Blue Origin, khusus untuk penerbangan luar angkasa.

Jika memang benar terwujud, maka Bezos akan menjadi pesaing perusahaan SpaceX besutan miliarder Elon Musk. Pada Februari tahun 2017, SpaceX sudah berhasil berhasil mendaratkan roket perdananya di bulan.

[Baca: Dulu, Elon Musk adalah Orang yang Cari Duit dengan 5 Cara Ini Lho]

Nah, itulah beberapa fakta tentang miliarder Jeff Bezos, pemilik situs Amazon.com yang sekarang menjadi orang paling tajir sedunia. Semoga aja kisah hidup Bezos di atas bisa jadi inspirasi buat kamu yang ingin sukses ya.

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com