Rumah 7 Orang Terkaya di Dunia Ini Masih Kalah Mahal dari Pangeran Arab

by akbar 1.431 views0

Orang Terkaya di Dunia
Rumah Pangeran Arab (www.publico.pt)

Ngomongin soal rumah orang terkaya di dunia, tentu saja kita bakal membahas rumah-rumah yang harganya mulai dari miliaran hingga triliunan. Tapi percaya gak percaya nih, rumah tujuh orang terkaya di dunia ini masih kalah mahal sama rumah milik Pangeran Arab Saudi.

Seperti diketahui, Pangeran Mohammed bin Salman dikabarkan baru aja membeli rumah di Versailles, Prancis. Rumah ini bergaya Eropa dan punya halaman yang amat sangat luas.

Mau tahu harganya? Menurut laporan dari BBC, harganya mencapai US$ 332 juta, atau jika dirupiahin mencapai Rp 4,5 triliun! Majalah Fortune menyebut rumah itu sebagai rumah termahal di dunia.

Konon katanya sebelum disulap jadi kastil mewah, rumah yang udah dibangun sejak abad ke-19 itu gak terurus.

Sudah jelas, kalau namanya saja rumah termahal pasti fasilitasnya ngalahin hotel bintang lima. Semua perabotan rumah ini, mulai dari lampu, listrik, hingga air mancur, bisa dikontrol melalui ponsel.

Di dalam rumah ini juga ada akuarium raksasa, gudang penyimpanan wine, bioskop, kolam renang outdoor dan indoor, serta ruang serbaguna yang bisa disulap jadi tempat dugem. Gokil deh, benar-benar istana jaman now kali ya.

Nah, rumah mewah Putera Mahkota Arab Saudi ini jauh lebih mahal daripada rumah tujuh orang terkaya 2017 di dunia versi Forbes. Dan tentunya, lebih mahal juga daripada rumahnya pak Setya Novanto.

[Baca: 5 Rumah Mewah Artis Hollywood Ini Masih Kalah Mahal dari Rumah Setnov]

Tapi ngomong-ngomong, berapa ya harga rumah dari tujuh orang terkaya di dunia yang dimaksud? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Bill Gates

orang terkaya di dunia
Rumah Bill Gates (list25)

Kita mulai dari tokoh yang langganan jadi orang terkaya di dunia versi Forbes, yaitu penemu Microsoft, om Bill Gates. Gates punya rumah mewah seluas 66 ribu meter persegi yang diberi nama Xanadu 2.0.

Harga rumah itu tahun 2017 dipastikan ada di angka Rp 1,6 triliun. Xanadu 2.0 dikelilingi pepohonan, so udara di rumah ini benar-benar sejuk alami biar kata gak pakai AC sekalipun.

Selain ada kolam renang, di sana juga ada trampoline di dalam ruangan yang tingginya mencapai 20 kaki. Lalu, ada ruang serbaguna juga yang cukup untuk menampung 200 orang.

Xanadu 2.0 punya 24 kamar mandi, enam dapur, perpustakan, bioskop berkapasitas 20 orang, dan garasi yang muat 23 mobil. Rumah ini perabotannya juga terhubung dengan teknologi masa kini lho, gak kalah sama rumahnya Pangeran Abdullah deh soal kecanggihannya.

2. Warren Buffett

orang terkaya di dunia
Rumah Warren Buffet (Bussiness Insider)

Rumah orang terkaya di dunia nomor 2 ini mungkin jadi rumah paling sederhana di antara yang lain. Rumahnya Buffett yang terletak di Omaha, dibeli olehnya pada 1958 silam dengan harga US$ 31.500.

Namun apabila ditaksir dengan prediksi harga 2017, maka rumah Buffett dihargai US$ 250 ribu atau setara dengan Rp 3,3 miliar aja. Padahal kekayaan CEO Berkshire Hathaway ini mencapai Rp 1.144 triliun lho!

Rumah itu luasnya 6.570 meter persegi, hanya punya lima tempat tidur dan dua kamar mandi. Dalam wawancaranya dengan BBC, Buffett pernah ditanya mengapa dirinya gak pindah ke rumah yang lebih mewah?

Jawabannya sederhana banget. Buffett gak mau pindah karena sudah merasa bahagia di rumahnya. Rumah itu penuh dengan kenangan, dan dia pun mengakui bahwa rumahnya adalah tempat yang paling membahagiakan.

3. Jeff Bezos

orang terkaya di dunia
Rumah Jeff Bezos (DailyMail)

CEO Amazon yang baru aja menyalip kedudukan Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes ini menempati rumah seharga Rp 339 miliar di Kalorama, Washington, AS. Dulunya, rumah itu bukan rumah lho, melainkan sebuah museum.

Berhubung rumah tersebut terdiri dari dua kavling, luasnya mencapai 2.508 meter persegi. Mengapa lebih mahal daripada rumah Buffet yang jelas-jelas lebih luas? Karena kawasan Kalorama adalah kawasan elit di Washington DC.

Mantan Presiden AS Barack Obama dan Presiden Donald Trump juga tinggal di kawasan itu lho. Rumah Bezos pun dikabarkan menjadi yang terbesar di Washington DC. Jelas saja, wong bekas museum dijadiin rumah.

Sejauh ini, gak ada deskripsi detail tentang fasilitas rumah Bezos. Tapi tetap aja masih kalah mahal sama rumah Pangeran Arab.

4.  Mark Zuckerberg

orang terkaya di dunia
Rumah Mark Zuckerberg (boxden)

Rumah pertama pendiri Facebook ini terletak di Palo Alto, California. Pada 2011 silam, harga rumah ini Rp 95 miliar. Bentuk rumahnya di Palo Alto pun terbilang klasik, begitu pula dengan dekorasi dan perabotannya.

Di halaman rumahnya ada gazebo yang nyaman untuk santai-santai bareng keluarga. Dapurnya pun terlihat benar-benar sederhana deh, namun kamar mandinya terlihat cukup mewah dan bersih.

Pada 2016, Zuck dikabarkan memborong empat rumah tetangganya dengan harga Rp 407 miliar. Dia pun berencana merenovasi rumah ini agar bisa ditempati oleh keluarganya.

[Baca: Mau Renovasi Rumah dengan Dana Rp 20 Juta, Bisa Ngapain Aja Ya?]

Tapi aksi Zuck justru diprotes oleh Dewan Kota setempat karena dinilai melanggar zonasi lahan. Rencana tersebut juga dianggap memangkas jumlah perumahan yang sudah terbatas di kota tersebut.

5. Carlos Slim Helu

orang terkaya di dunia
Mansion milik Carlos Slim Helu (celebcasas)

Konglomerat bisnis sekaligus orang terkaya di Meksiko ini tinggal di rumah yang memiliki enam kamar tidur di Lomas de Chapultepec, Meksiko. Gak ada informasi seputar harga dan rumah Slim yang satu ini.

Meski demikian, Slim dikabarkan membeli rumah di New York pada 2010 silam dengan harga US$ 44 juta. Bila dirupiahkan, harga rumah tersebut adalah Rp 597 miliar.

Rumah itu luasnya mencapai 20 ribu meter persegi, punya 12 kamar tidur dan 14 kamar mandi. Selain itu, ada ruang praktek dokter juga di basement.

Pada Mei 2015, Slim menjual rumah mewah tersebut di harga US$ juta 80. Dia pun membeli rumah mewah lagi di kota yang sama untuk disewakan, tapi sampai saat ini belum ada informasi soal harga rumah tersebut.

6. Larry Elisson

orang terkaya di dunia
Rumah Larry Elison (salary and net worth)

Pendiri Oracle ini kerap dijuluki dengan sebutan tukang beli rumah, dan bahkan dia pun pernah beli pantai lho. Rumahnya yang terletak di Woodside, California konon kabarnya dibeli dengan harga US$ 200 juta, kalau dirupiahin nilainya mencapai Rp 2,7 triliun.

Gaya rumahnya mirip-mirip rumah Jepang. Di sana, ada kolam ikan Koi hingga tempat menyeruput teh. Pokoknya keren deh, udah kayak rumah kaisar.

7. David Koch

orang terkaya di dunia
Apartemen tempat David Koch tinggal (the real deal)

David Koch merupakan pemilik dan pemegang saham dari perusahaan minyak, gas, dan kayu terbesar kedua di AS yaitu Koch Industries. Dia tinggal di sebuah apartemen 740 Park Avenue, di New York, AS.

Apartemen itu terdiri dari 18 kamar di lantai empat dan lima. Dikabarkan pula bahwa Koch membeli apartemen ini seharga Rp 220 miliar.

Terbukti kan kalau rumahnya calon Raja Arab Saudi lebih mahal ketimbang rumah tujuh orang terkaya di dunia. Kira-kira kalau punya duit triliunan rupiah, kamu mau beli rumah mewah juga gak? Atau malah beli tas mahal dan traveling mewah ala Fredrich Yunadi?

[Baca: Ini 6 Orang Kaya Sederhana yang Kontras Banget Sama Fredrich Yunadi]

 

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com