Toyota Rush Baru Udah Meluncur, Lebih Hemat Mana Ya Sama Xpander?

by akbar 3.497 views0

Toyota Rush
All New Toyota Rush 2018 (sumber gambar: toyota.astra.co.id)

Setelah dunia otomotif dihebohkan dengan kemunculan Mitsubishi Xpander, sebulan kemudian Toyota Rush baru yang dikasih nama All New Rush ikut meluncur. Nah, dua mobil ini sama-sama gagah dan sama-sama irit juga, tapi kira-kira mana yang lebih irit ya?

Perkara mobil, khususnya di ibu kota, irit bensin adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Jelas saja, Jakarta itu luar biasa macet. Kalau mobilnya boros, otomatis bujet beli BBM pun ikut bengkak. Percuma dong mobil keren tapi kantong kering.

Nah, soal irit ini juga gak hanya berkaitan sama bensin lho. Irit tentunya berkaitan sama biaya perawatan dan pajak STNK juga. Sudah banyak kan yang bilang mobil A onderdilnya mahal, mobil B onderdilnya murah.

Kalau ngomongin soal harganya nih, walaupun baru akan diumumkan Januari 2018, Toyota Rush baru ini digadang-gadang bakal lebih mahal dari Xpander.

[Baca: Tampil di GIIAS 2017, Ini Simulasi Cicilan Kalau Mau Beli Mitsubishi Xpander]

Dengan harga yang lebih mahal, apakah Toyota Rush bisa lebih irit? Atau iritan Xpander nih? Mari kita simak dulu perbandingan detil dua mobil teranyar ini.

1.  Ukuran mobil

Sejatinya, setelah ban belakangnya dihilangkan, All New Rush tampak seperti mobil jenis MPV. Meski demikian, di tabel penjualan GAIKINDO, All New Rush tetap dikategorikan sebagai Low SUV, sedangkan Xpander justru dikategorikan ke Low MPV.

Dan patut diketahui juga, Rush masih menggunakan penggerak roda belakang. Sedangkan Xpander roda penggeraknya ada di depan. Mungkin itulah yang membuat All New Rush dikategorikan sebagai LSUV. Berikut detil ukuran mobilnya:

toyota rush

Melihat perbandingan di atas, Xpander memang kelihatan lebih bongsor dan lebih berat daripada Toyota Rush baru. Secara logikanya sih, All New Rush bakal lebih irit nih. Tapi sebelum mengklaim mana yang lebih irit, mari kita simak perbandingan mesinnya.

2. Mesin

Di sektor mesin, dua mobil ini punya kapasitas mesin yang gak jauh beda. Berikut detil mesinnya:

toyota rush

Kalau dilihat dari kapasitasnya, mesin kedua mobil ini tentu gak beda jauh. Hanya saja, Xpander sedikit lebih bertenaga karena torsinya lebih besar.

Menurut laporan dari Kompas, Mitsubishi Xpander baru saja diuji coba untuk rute Jakarta – Lampung pada 22 November 2017 lalu. Kabarnya, konsumsi bahan bakar untuk rute luar kota ada di kisaran 9,8 km per liter hingga 12,9 km per liter. Semuanya tergantung karakter si pengemudi.

Lantas gimana dengan All New Rush? Patut kamu ketahui bahwa mesin 2NR-VE 1.5L adalah mesin Avanza keluaran terbaru. Karena mobilnya juga baru diluncurkan, tentu belum ada uji cobanya.

Tapi, sekadar info saja bahwa Avanza bisa tembus hingga 13 km per liter. Apakah All New Rush bakal seirit ini? Kita tunggu saja review-nya.

3. Harga suku cadang

Setelah membandingkan bodi dan mesin, sekarang mari kita bandingkan harga suku cadangnya. Kalau dengar nama Toyota, sudah pasti yang ada di kepala kita adalah suku cadangnya murah. Lantas bagaimana dengan Mitsubishi?

Mari kita bandingkan perkiraan harga beberapa suku cadang kedua mobil ini. Tentu saja suku cadangnya yang kerap diganti dalam jangka waktu pendek, berikut perbandingannya:

toyota rush

Untuk harga suku cadang, All New Rush tampaknya bakal jadi juara nih. Harga suku cadangnya lebih murah, apalagi kalau urusan businya. Bisa beda jauh banget itu.

4. Depresiasi harga

Bicara merek mobil, tentu bicara juga soal depresiasi atau penurunan harganya di masa depan. Tapi penurunan itu bergantung pada kondisi mobil, tahun pembuatan, asal pabrikan, kelengkapan surat-surat, pajak, serta kilometernya.

[Baca: Awas, Harga Mobil Pribadimu Bisa Anjlok karena 5 Kebiasaan Ini]

Melihat perbandingan dari dua mobil ini, All New Rush atau Xpander merupakan mobil dari Jepang. Tapi soal depresiasinya tentu saja beda.

Sebut saja Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo AT yang dijual Rp 251 jutaan tahun 2016, harga bekasnya di tahun 2017 masih tinggi, yaitu Rp 225 juta.

Lantas berapa ya harga Xpander bekas? Karena mobil ini baru saja rilis, masih belum ada yang tahu seberapa kuat harganya bertahan.

Oleh karena itu, kita gunakan saja perkiraan harga bekas mobil Mitsubishi yang lain dalam satu tahun. Sebut saja Mitsubishi Mirage yang harga varian termurahnya adalah Rp 173 jutaan. Patut diketahui, harga Mitsubishi Mirage bekas buatan 2016 sekarang ada di kisaran Rp 139 jutaan lho. Artinya, depresiasinya bisa menyentuh Rp 34 juta dalam setahun.

Setelah tahu komparasinya dari ukuran, mesin, harga suku cadang, hingga depresiasinya, kira-kira pilihanmu jatuh ke mana nih? Atau mungkin punya kandidat mobil lain yang pengin dibeli? Kalau bisa, cari yang lagi diskon ya!

[Baca: Diskon Mobil Akhir Tahun 2017 Ini Bisa Ngehemat Sampai 50 Persen!]

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com